Pages

Monday, September 10, 2012

mail server

Simple Mail Transfer Protocool adalah sebuah protocol / aturan yang digunakan untuk berkirim email dari sebuah mail server ke mail server yang lain. SMTP ini sudah menjadi aturan dasar dalam kegiatan berkirim email. sehingga setiap software yang digunakan untuk berkirim email pasti telah mendukung protokol ini. Terdapat berbagai macam software yg mendukung smtp yang dapat digunakan sebagai mail server program diantaranya:



  • Sendmail
  • Postfix
  • Exim
  • Courier-MTA
  • Qmail
  • Microsoft Exchange Server



Software-software  tersebut lebih sering dikenal dengan sebutan Mail Transfer Agent


Simple Mail Transfer Protocool disini Menggunakan Port 25 Sehingga apabila ingin menggunakan Smtp ini haruslah terlebih dahulu kita memastikan tidak ada yang menggunakan port 25 di server. 





kita dapat menggunakan software seperti nmap yang dapat diunduh di http://nmap.org/ untuk mengecek port-port yang telah digunakan di server.

dibawah ini merupakan contoh penggunaan nmap di sebuah server dengan distro centos 6.3 milik saya.





Dapat terlihat bahwa port 25 disini blm digunakan. Sehingga kita dapat melakukan instalasi program yang telah saya sebutkan diatas (pilih salah satu dari kelima program tersebut). 




Simple Mail Transfer Protocol tidak digunakan untuk Transfer antar e-mail client. SMTP hanya merupakan sebuah protocol yang berjalan untuk sebuah pengiriman email antar mail server. Apabila kita ingin mentransfer e-mail antar client kita dapat menggunakan pop3 / imap,  imaps / pop3s.



prinsip utama cara kerja mail server ialah menerima email dari local user yang berada didalam sebuah domain tertentu , dan meneruskannya ke email server yang lain. 






3 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai mail server, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2976/1/77.pdf

    ReplyDelete
  2. terimakasih mas yudha... sudah di share...... btw itu pdfnya tentang sms gateway y...

    ReplyDelete