Pages

Saturday, August 25, 2012

perbedaan wireless distribution system / wds dan repeater

wds / wireless distribution system adalah sebuah mekanisme dimana router/access point  bertindak sebagai penerus sinyal dan pendistribusian wireless tanpa membutuhkan adanya kabel lan yang terhubung pada 2 router /access point tersebut. Dari gambar dibawah ini kita bisa melihat sistem cara kerja wds itu sendiri.

access point 1 memancarkan gelombang radio ke access point 2, dan access point 2 menangkap dan memancarkan lagi ke area yang dapat dicapai oleh access point 2. sehingga area yang awalnya tidak tercapai oleh access point pertama sekarang dapat tercapai.



sekilas fungsi wds sendiri dapat dikatakan sama dengan fungsi wireless repeater yaitu melanjutkan sinyal wifi ke area lain sehingga cakupannya bertambah luas....  namun yang membedakan antara wireless repeater dengan wds ialah... ketika ap diset menjadi wireless repeater maka port kabel jaringan pada access point akan berubah menjadi status disabled. dimana pada wds port jaringan kabel tetap dapat digunakan selagi menangkap dan memancarkan wifi. 




Untuk gambar dibawah ini, biasanya digunakan untuk memperluas area jaringan wifi tanpa sistem wds (menggunakan kabel). access point 1 mendapatkan internet dari port wan, disebarkan via wifi di area access point 1. Lalu untuk memperluas kita hubungkan dengan menggunakan kabel lan ke access point 2 (dimasukkan ke port wan-nya  access point 2) sehingga access point 2 sekarang mendapatkan koneksi internet dan dapat disebarkan via wifi / kabel di area yang dicakupi ap ke 2.





terlihat bukan perbedaannya? dimana dalam sistem wds tidak membutuhkan lagi kabel. Tetapi kita harus menset kedua access point tersebut dengan channel yang sama, metode enkripsi / keyword yang sama.
oiya, metode wds memiliki kelemahan throughput yang dapat dilalui antar jaringan biasanya hanya setengahnya dari total throughput keseluruhan dikarenakan access point tersebut bekerja 2x (mengirim dan menerima paket apabila ada request dari klien 1 ke klien lain atau ke internet).

dan 1 lagi... koneksi antar client yang terhubung apabila dalam keadaan wds, menggunakan mac address sebagai target tujuan. bukan berdasarkan ip address.




11 comments:

  1. gan kalo mode wds tu port lan nya masih bisa bekerja kan. misalnya jika kita ingin menyambung ap lagi pada port lan di salah satu ap yang di wds kan itu, apa ap yang telah kita sambungkan itu bisa meneruskan data?

    ReplyDelete
  2. bisa gan. justru disitu kelebihannya wds. bisa memperluas jaringan wifi lewat kabel dan wifi. klo biasanya tanpa wds untuk memperluas jangkauan wifinya kita tambahin access point trus disambungin ke port lannya access point pertama. klo pake wds bisa pake metode pertama tersebut atau ditangkap lewat wifi oleh access point ke 2 baru disebarin lewat wifi/kabel lagi. atau pake kedua metode tersebut bebarengan.



    kelebihan keduanya antara access point 1 dan 2 klo kita pindah lokasi dari access point 1 ke 2 ga perlu logout login ke ssid hotspot access point ke2 tersebut.


    kelebihan ke3 nanti klo agan udah setting router. dari router kliatan mac address client yang ada di hotspot ke 2. klo tanpa wds yang kliatan cm mac address dari access point ke 2. nanti agan bakal tau sndiri klo udah praktek langsung kelebihannya.

    ReplyDelete
  3. gan sy sdh setup ap2 sebagai repeater(wa901nd) dan sdh menangkap mac address dr ap1 (td-w8151n),tetapi saat dicoba connect wifi , ipad dan laptop sy mengalami gangguan spt ip conflict gitu, indikasinya saat pertama connect wifi ternyata memang connected(muncul nama ap1 yg sdh sy set) tp bbrp detik kemudian wifi tersebut putus sendirinya , sy bingung gan. Pdhl setelah sy coba lg tanpa ap2 dijalankan(hanya ap1 saja yg active) wifi tsb fine2 saja dan tersambung tanpa masalah td yg timbul.... Bisa bantu knp gan...thx

    ReplyDelete
  4. ip address conflict y. dhcp servernya access point2 udah dalam posisi mati gan?

    coba dimatiin semua enkripsi sama coba diset ke channel b/g dulu.

    sama tes ping dari ap 2 ke ap 1.

    ReplyDelete
  5. gan posisi dhcp sdh disabled, sy sudah test ping dr ap2 ke ap1 terkadang konek (0% loss) tp jg terkadang timed out mulu (100%loss).
    bingung nih gan.... klo enkripsi dimatiin yg mana yg dimaksud gan? wireless securitynya kah? dan sy tdk dpt temukan channel b/g yg dimaksud gan.... please info,thx

    ReplyDelete
  6. channel = wireless setting > mode 11bgn mixed diganti yg b ato g ato b/g.

    iy gan, wireless security = enkripsinya.


    coba gan settingan access point 1 sama 2 taro post disini. sama ip nya


    sama settingan client(ip address laptop, ipad)

    ReplyDelete
  7. gan saya mau mnta analisis agan buat pemecahan masalah wifi laptop saya...

    sewaktu waktu saya dan temen saya lg ngumpul di rumah temen saya yg memiliki jaringan internet / wifi. nah disitu ada 3 laptop termasuk laptop saya.. tapi anehnya, pada indikator signal wifi laptop saya hanya menunjukan 1 bar saja bahkan terkadang tidak dapat signal sama sekali, sedangkan temen" saya mendapat kan signal yg penuh. Lagi pula jarak antara saya dengan routernya sangat dekat sekali hanya berjarak 300 CM. dan saya pun jga sudah mencoba utk meminta tmen" saya utk mematikan wifi mereka dengan indikasi wifi saya kalah dengan punya mereka.. alhasil, tidak ada perubahan dan tetap sama.

    menurut agan, masalah saya ini knp ? apa krn hardwarenya atau softwarenya/driver ?
    dan bagaimana solusi agan utk memecahkan masalah saya ini..

    tolong bantuan agan... dan klo boleh request, jawaban agan di emailkan saja ke email saya detonate2@yahoo.com

    makasih gan sblmnya semoga tuhan memberkati agan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di liat ap nya gan, sapa tau settingan ap nya power nya kegedean, jd wireless client di nb agan budek atau wireless client di nb agan uda lemah dengan signal wifi sedeket itu

      Delete
  8. Thank U informasinya, kebetulan baru beli router tapi belom banyak tau fungsi2 utamanya

    ReplyDelete
  9. gan klo hsil bandwith yg di tf oleh kinerja wds full gk y atau berkurang

    ReplyDelete