Setelah melalui
Dalam pemrograman berorientasi object semisal kita membangun sebuah object manusia, maka kita dapat membangun object kuku, tangan, kaki , kepala, badan terlebih dahulu, dimana tiap kelas merupakan warisan dari kelas kelas sebelumnya. Jadi membentuk dari sebuah object yang kecil, di extend/ diwariskan menjadi suatu object baru yang lebih padat. Membesar membesar
berbeda dengan pemrograman prosedural dimana kita membangun langsung keseluruhan program. apabila terdapat perubahan / kesalahan maka kita harus membongkar ulang program. Hal ini tidak masalah jika program yang dibuat merupakan program yang kecil namum apabila program telah mencapai ribuan baris, akan cukup melelahkan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan tersebut.
dibawah ini merupakan
sebuah contoh program awal yang telah saya buat agar dapat mencerna lebih lanjut pemrograman java ( dikarenakan tgs akhir saya ada hubungannya dengan java ).
package toro.test.app;
public class MenuObject {
int angka1;
int angka2;
public MenuObject(int angka1,int angka2){ //pembuatan sebuah konstruktor untuk menginisialisasi isi variabel awal object
this.angka2=angka2;
}
public int tambahkan(){ //-> method penambahan
return angka1+angka2;
}
public int kurangkan(){ //-> method pengurangan
return angka1-angka2;
}
public int bagi(){ //-> method pembagian
return angka1/angka2;
}
public int kali(){ //-> method pengalian
return angka1*angka2;
}
public void cetak(){ //-> method cetak seluruh method diatas
System.out.println(kurangkan());
System.out.println(tambahkan());
System.out.println(bagi());
System.out.println(kali());
}
}
package toro.test.app;
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
//program utama untuk mendeklarasikan dan menggunakan object serta membuat menu awal program...
public class start {
/**
* program utama
*/
public static void main(String[] args) { //-> program utama (yg ada main() )
// TODO Auto-generated method stub
MenuObject startup = new MenuObject(5,3); //-> pembuatan variabel startup yang digunakan untuk "mewadahi" class yang mereferensi ke object bernama MenuObject
startup.cetak() // -> memanggil metode cetak() dari object MenuObject.
BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); //-> membaca input dari command line. (untuk keterangan lebih lanjut baca API yang berkaitan dengan input / output stream)
while(true){ // -> looping while
System.out.print("\n menu anda hari ini : \n");
System.out.print("1: tambahkan \n");
System.out.print("2: kurangkan \n");
System.out.print("3: kali \n");
System.out.print("4: bagi \n");
System.out.print("5: exit \n");
try{
String a=in.readLine(); //-> memanggil method readLine yang menyebabkan buffer terisi dan variable dapat ditangkap oleh variabel a (tipenya string)
if(a.equals("1")){ //-> if then else
System.out.println("anda memilih menu ke =" +a);
}else
if(a.equals("2")){
System.out.println("anda memilih menu ke =" +a);
}else
if(a.equals("3")){
System.out.println("anda memilih menu ke =" +a);
}else
if(a.equals("4")){
System.out.println("anda memilih menu ke =" +a);
}else
if(a.equals("5")){
System.out.println("anda memilih exit :p");
break; // -> command yang digunakan untuk exit dari loop (disini infinite loop diakhiri dengan break apabila user memilih 5)
}
}
catch(Exception e){
System.out.println(e);
}
}
}
}
No comments:
Post a Comment